KEBIJAKAN DATA PRIBADI (KEBIJAKAN PRIVASI) APLIKASI ALFAGIFT

Selamat datang di aplikasi mobile Alfagift (untuk selanjutnya disebut “Alfagift” atau “Aplikasi”) yang diselenggarakan oleh PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (“PT SAT Tbk”) dan/atau afiliasi dari PT SAT Tbk (“Afiliasi”) (untuk selanjutnya PT SAT Tbk dan/atau Afiliasi selaku penyelenggara juga disebut “Kami”).

Kebijakan Privasi di bawah ini merupakan perjanjian antara Anda dengan Kami yang mengatur Kebijakan Privasi Alfagift sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sebelum mengakses dan/atau menggunakan Alfagift, Anda wajib membaca, memahami, mematuhi dan setuju untuk tunduk serta terikat dengan Kebijakan Privasi ini terlebih dahulu, termasuk perubahannya.

Dengan mengakses Aplikasi Alfagift dan/atau mendaftarkan data diri Anda dan/atau menggunakan Layanan melalui Aplikasi Alfagift, Anda dengan ini menyadari dan tanpa paksaan pihak manapun menyatakan setuju untuk menerima dan terikat dengan Kebijakan Privasi ini termasuk perubahannya. Jika Anda tidak menyetujui Kebijakan Privasi ini termasuk perubahannya, agar Anda tidak atau berhenti mengakses dan/atau menggunakan Aplikasi. Apabila Anda telah menyetujui untuk mendaftar dan menggunakan Aplikasi maka Anda telah menjadi Member (untuk selanjutnya Anda juga dapat disebut “Member”).

*Layanan adalah layanan yang dapat diterima dan/atau digunakan Member melalui Alfagift antara lain namun tidak terbatas pada layanan berbelanja kebutuhan sehari-hari, Program Poin, Program Loyalitas, manfaat promosi, dan layanan lainnya yang diselenggarakan oleh Kami.

Kebijakan Privasi ini dapat Kami ubah sewaktu-waktu dan akan diberitahukan melalui sarana media komunikasi milik Kami. Anda bertanggung jawab untuk tetap mengetahui update atau pembaharuan Kebijakan Prvasi ini.

Keputusan yang diambil berdasarkan Kebijakan Privasi ini termasuk perubahannya bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat dan mengikat Member selama Member menggunakan Layanan melalui Aplikasi.

A.
Perolehan dan Pengumpulan Data Pribadi Member

Data pribadi Member (“Data Member”) adalah setiap data yang diberikan Member kepada Kami dalam rangka penggunaan Aplikasi termasuk namun tidak terbatas pada :

  1. Data Member yang Member berikan secara langsung :
    • Pada saat mendaftar sebagai Anggota Program Poin, Member akan memberikan Data Member kepada Kami termasuk namun tidak terbatas pada :
      • (1)nama;
      • (2)tanggal, bulan dan tahun lahir;
      • (3)jenis kelamin;
      • (4)alamat email;
      • (5)nomor handphone.
    • Pada saat Member menggunakan Layanan pembelian Produk Barang melalui Aplikasi, Kami akan meminta Data Member untuk mengirimkan Produk Barang yang dipesan oleh Member antara lain :
      • (1)Nama Member dan/atau nama penerima pesanan Member;
      • (2)Alamat pengiriman;
      • (3)kode pos;
      • (4)nomor telepon.
    • Menggunakan fitur yang membutuhkan izin akses terhadap perangkat Member.
  2. Data Member yang dibaca dan/atau dikumpulkan ketika Member menggunakan Aplikasi:
    • Pada saat Member menggunakan Aplikasi melalui perangkat bergerak/mobile device Member, Kami akan melacak dan mengumpulkan informasi geo-location secara real-time.

      Kami menggunakan informasi ini untuk memungkinkan Member melihat toko Alfamart yang berada di sekitar lokasi perangkat Member berada, mengatur lokasi pengiriman dan mengirimkan informasi geo-location Member untuk pengiriman pesanan dan menyampaikan informasi-informasi termasuk program promosi kepada Member.

      Member dapat mematikan informasi pelacak geo-location pada tingkatan perangkat untuk sementara waktu. Perangkat bergerak/mobile device Member akan memberitahukan Member ketika geo-location Member dilacak dengan menampilkan simbol GPS;

    • Kami juga akan memproses data teknis Member termasuk tetapi tidak terbatas pada alamat IP, Identitas (ID) Perangkat atau alamat Media Access Control (MAC), IMEI (International Mobile Equipment Identity) dan/atau data teknis Member lainnya yang ter-update (apabila ada) dan informasi mengenai pabrikan, model, dan versi sistem operasi dari perangkat bergerak/mobile device Member (“Data Teknis Member”). Kami menggunakan Data Teknis Member ini untuk menjalankan fungsi-fungsi dari Aplikasi, menyelesaikan kesulitan-kesulitan teknis, menyediakan bagi Member versi Aplikasi yang benar dan terkini dan untuk meningkatkan fungsi Aplikasi;

    • Aktivitas belanja dan setiap kegiatan Member pada Aplikasi.
B.
Penggunaan Data Pribadi
  1. Member dengan ini setuju untuk memberikan izin kepada Kami untuk memperoleh, mengumpulkan, melakukan verifikasi, menggunakan, memanfaatkan, menampilkan, mengumumkan, mengirimkan, memproses, menyimpan, memberikan, membagikan, mengolah, mengelola, memusnahkan, melindungi, dan/atau melakukan kerjasama dengan pihak ketiga (termasuk agen, vendor, pemasok, kontraktor, pihak penyedia layanan teknologi informasi, mitra dan pihak lain yang memberikan layanan kepada Kami atau Anda dan/atau melakukan tugas atas nama Kami) atas Data Member untuk tujuan :

    • Memfasilitasi penggunaan Layanan atau akses ke Aplikasi oleh Member;
    • Menanggapi pertanyaan, tanggapan, klaim atau sengketa, baik secara langsung atau melalui agen layanan pelanggan Kami yang dialihdayakan (outsourced);
    • Memproses pesanan Member melalui Aplikasi dan pembayaran yang dilakukan Member atas pembelian Produk Barang , baik yang dijual oleh Kami dan/atau Mitra, dan akan diproses oleh Kami;
    • Mengirimkan Produk Barang yang telah Member beli melalui Aplikasi, baik dijual oleh Kami dan/atau Mitra. Kami dapat menyampaikan informasi pribadi Member kepada Mitra untuk melakukan pengiriman Produk Barang kepada Member (misalnya kepada kurir atau pemasok Kami), baik Produk Barang tersebut dijual melalui Aplikasi oleh Kami dan/atau Mitra;
    • Memberikan informasi terbaru kepada Member mengenai pengiriman Produk Barang, baik yang dijual melalui Aplikasi oleh Kami dan/atau Mitra dan untuk tujuan layanan pelanggan;
    • Membandingkan informasi, dan melakukan verifikasi dengan pihak ketiga guna memastikan bahwa informasi tersebut akurat;
    • Memastikan identitas Member dengan tujuan identifikasi penipuan (memverifikasi kepemilikan Member atas suatu akun);
    • Memfasilitasi penghapusan (take down) Produk yang dilarang atau dibatasi dari Aplikasi;
    • Mengelola akun Member di Aplikasi Alfagift;
    • Melakukan verifikasi dan transaksi keuangan sehubungan dengan pembayaran yang Member lakukan secara online;
    • Mengaudit pengunduhan data dari Aplikasi;
    • Memperbaiki tata letak atau konten Aplikasi dan menyesuaikannya untuk kepentingan Member;
    • Mengidentifikasi pengunjung di Aplikasi;
    • Melakukan penelitian tentang demografi dan perilaku Member;
    • Memberikan kepada Member informasi yang menurut Kami dapat berguna untuk Member, termasuk informasi tentang Produk dan layanan Mitra, sepanjang Member telah mengindikasikan bahwa Member tidak keberatan dihubungi untuk tujuan ini;
    • Menampilkan nama atau profil Member di Aplikasi;
    • Memasangkan papan penilaian (scoreboards) di Aplikasi sehubungan dengan kampanye, mobile games atau setiap aktivitas lainnya;
    • Menyediakan informasi yang lebih ditargetkan kepada Member (Promote Targeted).
    • Mengirimkan materi pengiklanan atau promosi atas Produk dan Layanan Kami dan/atau Mitra dari waktu ke waktu (kecuali Member memilih untuk tidak menerima materi ini);
    • Menggunakan informasi geo-location untuk memungkinkan Member melihat toko Alfamart yang berada di sekitar lokasi perangkat Member berada, mengatur lokasi pengiriman dan mengirimkan informasi geo-location Member untuk pengiriman pesanan dan menyampaikan informasi-informasi termasuk program promosi kepada Member.
  2. Kami juga dapat melakukan proses pengambilan keputusan otomatis sesuai dengan setiap tujuan-tujuan sebagaimana ketentuan B.1 di atas.

  3. Member dan Kami wajib menjaga kerahasiaan dan keamanan dari setiap Data Member yang dikirimkan dan/atau disimpan dalam Aplikasi, kecuali untuk keperluan sebagaimana dimaksud dalam ketentuan B.1 di atas.

  4. Kami tidak bertanggung jawab atas kerugian atau kerusakan yang timbul dari atau berhubungan dengan kehilangan atau pencurian Data Member yang disebabkan oleh kelalaian atau pelanggaran keamanan yang dilakukan oleh Member selaku pemilik Data Member itu sendiri, termasuk Data Member yang dikirimkan dan/atau disimpan dalam Aplikasi dan/atau dari transaksi tidak sah dan/atau penipuan yang terkait dengan Aplikasi.

  5. Member wajib memperbaharui identitas/data pribadi pada Data Member jika terdapat perubahan.

  6. Member berhak mengakses Data Member untuk mengoreksi atau mengedit Data Member.

  7. Member dapat memberitahukan permintaan Member kepada Kami, untuk menghapus Data Member (baik data-data tertentu atau keseluruhan data Member, termasuk didalamnya adalah akun Member), dalam hal itu, Member dapat mengajukan permintaan penghapusan data dengan cara email ke alfacare@sat.co.id. Kami dapat mengabulkan permintaan tersebut sejauh diizinkan berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku."